Minggu, 27 September 2015

5 TIPS Menjaga Kesehatan Menghadapi Musim Panas


Saat ini kita sedang dihadapkan dengan musim kemarau yang tentunya panas bahkan diperparah dengan asap kebakaran lahan di beberapa tempat. Tentu hal ini akan menganggu kesehatan kita, terutama kesehatan yang menyangkut sistem pernafasan.

Berikut beberapa tips untuk tetap menjaga tubuh kita tetap fit.

1. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan
    Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan, terutama yang mengandung banyak vitamin C. Seperti buah jeruk, apel, kiwi, anggur, strawberry, pepaya, sirsak dll. Karena vitamin C dapat meningkatkan kekebalan kita.

2. Makan Yang Seimbang
    Masih ingat dengan slogan 4 sehat 5 sempurna? Hal ini sangat berguna, karena makanan dalam slogan tersebut terdapat nutrisi-nutrisi yang seimbang dan diperlukan tubuh kita. Dalam konsep 4 sehat 5 sempurna, makanan dibagi atas empat sumber nutrisi penting, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu bila mampu, menjadi lima sempurna. Konsep ini menekankan pentingnya empat golongan makanan berupa sumber kalori untuk tenaga, protein untuk pembangun, sayur dan buah sumber vitamin dan mineral untuk pemeliharaan. Sumber wikipedia.com 

3. Perbanyak Minum Air Putih
    Air putih mengandung banyak mineral yang diperlukan tubuh. Air putih dapat mencegah dehidrasi dan menghilangkan rasa haus. Pada masa kemarau yang panas ini, tubuh akan mudah mengalami dehidrasi sehingga kita membutuhkan asupan air putih yang cukup.

4. Olahraga Teratur
    Badan yang jarang melakukan aktivitas olahraga akan mudah terserang penyakit karena stamina  dan daya tubuh yang menurun. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa olahraga yang teratur meskipun ringan seperti aerobik 30 menit dapat mengaktifkan sel darah putih yang merupakan komponen utama imun tubuh terhadap penyakit. Sedangkan olahraga yang berlebihan akan menurunkan daya tahan tubuh.
Olahraga intens tampaknya menyebabkan penurunan sementara dalam fungsi kekebalan tubuh. Penelitian menemukan bahwa selama aktivitas fisik intens, tubuh memproduksi hormon tertentu yang menurunkan sementara kemampuan imunitas. Kortisol dan adrenalin, yang dikenal sebagai hormon stres, akan meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta menekan sistem kekebalan tubuh. Sumber: Amazine.co

5. Istirahat Teratur
    Mengistirahatkan tubuh kita mempunyai peranan yang penting bagi tubuh dan pikiran. Setelah disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang menyita tenaga dan pikiran, kita perlu mengistirahatkan tubuh kita untuk menyegarkan tubuh juga pikiran. Dengan begitu tubuh dan pikiran menjadi rileks dan dapat menghadapi kesibukkan di keesokan harinya.
    

* Tips Tambahan
Gunakan masker
   Bila ke luar rumah dan kondisi keadaan udara yang buruk seperti kabut asap maupun berdebu pakailah masker untuk melindungi sistem pernafasan.

0 komentar