Selasa, 21 Maret 2017

Cara Mendaftar dan Menggunakan Wifi.id Seamless


Wifi.id adalah layanan wireless atau hotspot untuk publik yang disediakan oleh Telkom. Biasanya layanan ini dipasang diarea publik seperti taman, gedung perkantoran dan kampus. Kecepatan layanan ini tergantung berapa banyak pengguna yang menggunakan secara bersamaan. Makin sedikit penggunanya makin tinggi kecepatan yang di dapat. Saya paling senang apabila saat menggunakan layanan ini penggunanya cuma ada 2-5 orang, apalagi bila sendiri karena kecepatan downloadnya bisa sampai 2 mb/s menggunakan aplikasi Internet Download Manager. Sedangkan kecepatan uploadnya mencapai 1 mb/s, makanya untuk upload video yang mempunyai size besar biasanya saya menggunakan layanan ini.

Untuk menggunakan layanan telkom ini kita harus mendaftar dulu dengan menggunakan nomor handphone kita dengan cara ketik NET(spasi)5000(spasi)xhinq . Khusus bagi pengguna Indihome, ada layanan yang disebut Wifi.id seamless. Cukup menambah pembayaran Rp 10.000/bulan per device, kita sudah bisa menikmati kemudahan dan kecepatan akses internet up to 100Mbps dari wifi.id. 

Berikut cara mendaftar dan menggunakannya.

Pertama, daftar di https://my.telkom.co.id/registrasi-seamless.php dan pastikan melalui jaringan internet indihome kita.

Kemudian isikan nama, email yang akan kita gunakan sebagai username, password, nomor handphone, dan nomor internet indihome kita. Ingat bukan nomor telpon. Kalau sudah klik tombol Submit. Tunggu hingga kita mendapat sms pemberitahuan pendaftaran kita berhasil di nomor handphone yang kita daftarkan tadi.


Langkah selanjutnya hubungkan dengan jaringan wifi.id (bukan wifi.id bawaan modem telkom). Setelah terhubung buka browser, masukkan sebuah alamat website dan tekan enter secara otomatis akan diarahkan ke halaman login wifi.id. Masuk melalui login wifi.id seamless seperti yang ditandai dalam gambar di bawah ini.


Masukkan username dan password yang kita daftarkan sebelumnya. Isi juga nama gadget yang digunakan.



Kita cukup satu kali login untuk satu device, karena gadget kita akan otomatis login saat kita terhubung lagi dengan wifi.id.

Keuntungan wifi.id seamless adalah kita dapat menggunakan satu username untuk 5 gadget berbeda namun tidak dalam waktu bersamaan. Sedangkan untuk waktu bersamaan, kita harus menambah pembayaran Rp 10.000/device seperti yang awal tadi dibicarakan.

Semoga bermanfaat.


0 komentar