Rabu, 04 Januari 2017

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memelihara Kura-Kura Air Tawar (Terrapin)

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memelihara Kura-Kura Air Tawar (Terrapin) - Bagi yang suka memelihara hewan pasti anda kenal dengan kura-kura air tawar.



Hewan berdarah dingin yang mempunyai nama lain freswater turtoise atau terrapin ini bisa hidup di dua alam baik darat maupun air. Sehingga ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam memelihara binatang omnivora ini.

1. Niat
Tentu saja niat diperlukan untuk memelihara hewan amfibi ini. Ini bertujuan agar kita merawatnya tidak setengah-setengah.

2. Mempunyai Kura-Kura Air Tawar
Ya iya lah.. Niatnya saja ingin memelihara kura-kura air tawar, ya harus punya hewan ini masa ular. He...

3. Kandang
Kalau di atas tadi cuma intermedzonya saja, yang satu ini benar-benar harus diperhatikan. Kandang kura-kura jenis ini bisa berupa sebuah akuarium ataupun toples kotak besar. Karena hewan ini merupakan hewan dua alam, maka kita harus mendekor kandangya dengan daratan dan perairan.

4. Pakan
Makanan yang disukainya berupa sayuran misalnya kangkung, sawi, wortel dan lain-lain. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, kita juga bisa memberikan pakan ikan untuk kura-kura ini. 
Karena kura-kura satu ini merupakan omnivora, berikanlah cemilan seperti jangkring, cacing ataupun ikan kecil seminggu sekali.

5. Perawatan
Untuk perawatannya cukup mudah, pertama jemur kura-kura dibawah sinar matahari pagi sekitar 15 sampai 30 menit paling sedikit satu minggu sekali. Kedua, apabila kandangnya tidak mempunyai filter air gantilah air di dalam kandang 3 atau 5 hari sekali untuk membuang kotoran ataupun sisa-sisa makanan. Ketiga bersihkan tubuh kura-kura dengan sikat gigi seminggu sekali untuk menghilangkan lumut atau kotoran yang menempel di tempurung kura-kura.

Yap.. Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara kura-kura air tawar berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. Memelihara hewan sangat baik dilakukan terlebih untuk anak-anak. Untuk lebih lengkapnya tentang manfaat memelihara hewan baca disini

Semoga bermanfaat...





0 komentar