Jumat, 25 September 2015

TIPS NgeBlog Bagi Pemula


Blog, sebuah website gratis yang disediakan oleh www.blogger.com. Lebih dari 1.000.000 orang menggunakan website tak berbayar ini, hal ini disebabkan bukan hanya karena gratis tetapi karena juga simpel, mudah diotak-atik dan juga bisa menghasilkan uang. Banyak sudah para blogger yang membangun dan mengembangkannya menjadi mesin pencari uang. Ini dilakukan dengan cara memasang iklan di blog, yang paling terkenal adalah google adsense.

Bagi anda yang ingin memulai blog, berikut ada beberapa tips berguna untuk anda.

1. Buat Nama Blog Yang Tepat
    Maksud tepat disini ialah sesuai dengan keinginan anda sendiri dan anda sukai. Hal ini berdasarkan pengalaman saya sendiri, saya memiliki banyak blog dengan nama yang berbeda namun semua tidak sesuai dengan apa yang saya mau dan saya kurang menyukai namanya (padahal saya sendiri yang kasih nama asal-asalan). Sehingga saya rada malas menulis ataupun mengotak-atik blog tersebut. Namun akhrnya saya menemukan nama blogufik, simpel dan menunjukkan bahwa blog ini adalah milik saya. Saya menyukai nama ini dan terus saya pertahankan hingga saat ini. Bila sesuatu diawali dengan rasa suka otomatis akan terasa mudah dan menyenangkan untuk dikerjakan.

2. Jangan Memikirkan Tampilan Blog Terlebih Dahulu
    Hal ini juga berdasarkan pengalaman saya sendiri, di awal-awal mulai nge-blog saya lebih mementingkan tampilan sehingga tidak memikirkan isi/postingan/artikel yang ada diblog. Sebagus-bagusnya tampilan blog anda namun minim postingan ataupun isi blog anda yang kurang menarik, maka orang akan malas mengunjungi blog anda. Utamakan isi/postingan blog anda terlebih dahulu dan buat semenarik mungkin. Mulailah menulis sebuah artikel yang original maksudnya asli tulisan anda sendiri bukan copas dari artikel orang lain. Cobalah menulis sekali seminggu, dan terus tingkatkan hingga minimal 2 hari sekali. Sedangkan untuk tampilan blog bisa kita percantik sedikit demi sedikit.

3. Mulailah Postingan dari Hal yang Mudah dan Ringan
    Mulailah postingan dari hal yang mudah dan ringan menurut anda, misalnya menuliskan pengalaman anda sendiri, membahas berita-berita hangat dan lain sebagainya. Banyak hal yang bisa kita angkat untuk ditulis dari kegiatan atau kejadian kita sehari-hari. Misalnya di blog ini saya lebih banyak menuliskan tutorial yang berhubungan dengan komputer. Karena saya memang sehari-hari mengotak-atik komputer, tiada hari tanpa berhadapan dengan benda elektronik satu ini. Jangan memulai dengan yang susah, karena hal ini akan merusak mood anda dikemudian hari karena anda merasa membuat sebuah tulisan/postingan blog itu susah sehingga anda malas membuatnya.

4. Buatlah Target
    Buatlah target anda sendiri, misalnya dalam satu minggu harus menulis/membuat 3 postingan atau dalam satu bulan mendapatkan seribu pengunjung, dan target ini harus selalu ditingkatkan. Hal ini penting, tanpa target anda akan asal-asalan mengurus blog anda.

5. Jangan Pernah Menyerah dan Berhenti Belajar, Terus Mencoba
    Bila blog anda sepi pengunjung, jangan menyerah sehingga berhenti ngeblog. Terus mencoba, belajarlah dari blog-blog lain yang sudah terlebih dahulu sukses. Pelajari isi blog mereka, tampilan blog mereka dan lain-lain. Dunia blog tidak selebar daun kelor, banyak hal baru yang harus kita pelajari.

6. Think Less Do More
    Jangan terlalu banyak mikir kalau mau ngeblog, lakukan saja. Sepi pengunjung itu hal biasa, awalnya blog ini juga sepi pengunjung sekitar 4 atau bahkan tidak ada sama sekali pengunjung sekarang alhamdulillah sudah mencapai 60 pengunjung sehari. Merasa susah ngeblog itu cuma di pikiran kita sendiri, bila kita pikir blog itu susah pasti akan susah namun bila kita pikir ngeblog itu mudah pasti akan mudah. Lakukan dan jalani saja, nikmati prosesnya tanpa terlalu banyak mikir.

Mudah-mudahan tips ini berguna. Selamat ngeblog :)

0 komentar