Rabu, 05 April 2017

Mudah Memasukkan Ayat Al-Qur'an di Microsoft Office Word (2007, 2010, 2013)


Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam. Banyak nasehat, sejarah dan ilmu lainnya terdapat di dalamnya. Umat muslim menjadikannya sebagai kitab panduan dan rujukan bagi semua masalah baik dunia maupun akhirat. Bagi kaum muslimin Qur’an adalah kitab pedoman yang mencakup seluruh aspek kehidupan. Seperti berprilaku, tata cara berdagang, kesehatan dan lain sebagainya.

Dalam berbagai disiplin ilmu, Al-Qur’an banyak dijadikan sebagai rujukan misalnya ilmu kedokteran, antariksa, geologi, antropologi dan lain-lain. Jadi tak mengherankan bila sebagian buku yang membahas ilmu-ilmu tersebut, ilmuan muslim menyelipkan ayat-ayat Al Quran yang menjadi landasan pembahasan ilmu tersebut. Misalnya saja dalam ilmu kedokteran Ibnu Sina ataupun ilmu matematika Al-Khawarizmi yang menemukan fungsi aljabar, dua ilmuan muslim tersebut menjadikan Al-Qur’an sebagai rujukan ilmu mereka. Terlebih dalam ilmu antariksa, banyak ayat Al-Qur’an yang menjelaskannya. Sebut saja tentang penciptaan alam semesta, Al-Qur’an menyebutkan bahwa awalnya langit dan planet asalnya satu kemudian dipisahkan. Ini sama halnya dengan teori BIG BANG yang menyebutkan bahwa dulu alam semesta itu satu kemudian terjadi sebuah ledakan yang memisahkannya. Atau tentang proses penciptaan manusia, Al-Qur’an dengan lengkap menjelaskannya mulai dari tahap awal terjadinya kehamilan sampai melahirkan.
Bagi kalangan siswa terlebih mahasiswa yang belajar di institusi keislaman, memasukkan ayat Al-Qur’an dalam karya ilmiah mereka merupakan sebuah keharusan. Misalnya dalam karya skripsi atau tesis, mahasiswa dituntut mencari suatu ayat  Al-Qur’an yang berhubungan dengan masalah yang sedang ditelitinya. Hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa dalam kehidupan sehari-harinya tidak lepas dari kitab suci Al-Qur’an. Saya yang juga merupakan alumnus sebuah perguruan tinggi Islam di Kalimantan Selatan, setiap ada tugas makalah harus memasukkan minimal satu ayat dan penjelasannya yang berhubungan dengan judul makalah tersebut. Atau dalam skripsi saya yang berhubungan dengan persepsi masyarakat terhadap alumnus salah satu jurusan, harus juga memasukkan satu ayat dan menjelaskannya agar terhubung dengan judul dan masalah yang dibahas dalam skripsi saya tersebut.

Kali ini saya akan membagikan cara mudah memasukkan ayat Al-Qur’an dalam Office Word, sehingga kita tidak perlu repot lagi mengetiknya secara manual.
Pertama, download terlebih dahulu aplikasi Qur’an di bawah ini, support untuk Office Word 2013. Sesuaikan dengan tipe Windows sobat.


Setelah terinstal, buka aplikasi Office Word sobat dan akan ada menu tab ADD-INS muncul di ujung kanan. Klik menu tersebut, terus klik Al-Qur’an > Get Arabic or Translation of Al-Qur’an.

Akan muncul jendela aplikasi Al-Qur’an yang kita instal tadi. Beri centang pada Al-Qur’an untuk memasukkan ayatnya, centang Translation dan centang bahasanya untuk memasukkan terjemahannya, atau centang keduanya untuk memasukkan ayat dan terjemahannya sekaligus. Lanjut dengan memilih surah dan ayatnya, setelah selesai klik OK. Contoh gambar di bawah ini, saya memasukkan ayat dan terjemahan surah Al-Fatihah dari ayat pertama sampai terakhir.


Secara otomatis ayat dan terjemahannya akan terketik di halaman Office Word kita.



Mudah bukan.. Selamat mencoba...

Share jika menurut sobat tutorial ini menarik/bermanfaat. Terimakasih

0 komentar