Senin, 17 April 2017

Cara Menggunakan Ungkapan Preferences (prefer, like, would rather)


Mari Belajar Preferences – Bahasa Inggris adalah bahasa internasional saat ini, artinya banyak negara yang menggunakannya sebagai bahasa penghubung antar negara. Karena setiap negara mempunyai bahasa masing-masing, maka dipilihlah bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi. Selain itu bahasa Inggris sudah banyak digunakan dalam dunia teknologi, contoh saja komputer. Komputer dalam pengoperasiannya menggunakan bahasa Inggris walaupun sudah ada yang menggunakan bahasa lain namun sistem pengolahan datanya tetap menggunakan bahasa Inggris. 


Preferences adalah salah satu tata bahasa Inggris (Grammar). Dalam bahasa Indonesia ‘preferences’ mempunyai arti pilihan, jadi preferences adalah bagaimana kita mengungkapkan pilihan kita terhadap sesuatu atas sesuatu lainnya. Contoh : ‘I prefer coffee to tea’ artinya Aku lebih memilih kopi dari pada teh. Kita dapat mengungkapkan pilihan dalam berbagai cara yang akan di jelaskan di bawah ini.

1. Menggunakan kata ‘prefer’
            Sebelumnya saya sudah memberikan contoh penggunaan prefer di atas yaitu penggunaan kata prefer untuk ‘noun’ kata benda. Ada dua tata bahasa penggunaan kata ‘prefer’ dalam preferences, pertama untuk kata benda dan kedua untuk kata kerja. Lihat tata bahasanya di bawah ini.

Subject + prefer + noun + to + noun
Subject + prefer + V-ing + to + V-ing

Tata bahasa pertama adalah untuk kata benda yaitu ‘subject + prefer + noun + to + noun’. Kita meletakkan kata benda yang lebih kita sukai di posisi noun pertama dan meletakkan benda lainnya di posisi kedua. Contoh :

‘I prefer football to basketball’ Aku lebih memilih sepak bola dari pada bola basket.

Di sini saya lebih menyukai sepak bola dari pada basket, sehingga saya meletakkan kata football terlebih dahulu baru kemudian basketball.

Tata bahasa kedua adalah untuk kata kerja. Kata kerja yang digunakan adalah Base Form atau Verb 1 ditambah akhiran –ing. Sama dengan kata benda, kita meletakkan kegiatan yang lebih kita senangi di awal. Contoh :
‘Nia prefers reading books to watching TV’ Nia lebih memilih membaca buku dari pada menonton tv.
Kegiatan yang lebih Nia sukai adalah membaca buku sehingga diletakkan lebih dahulu. Coba perhatikan pada kata reading & watching, kata-kata ini mendapatkan imbuhan akhiran –ing pada base formnya yaitu kata read menjadi reading dan kata watch menjadi watching.

2. Menggunakan kata ‘like’
            Sama halnya dengan penggunaan prefer kata like juga digunakan untuk kata benda dan kata kerja. Lihat polanya di bawah ini.

Subject + like + noun + more/better + than + noun
Subject + like + V-ing + more/better + than + V-ing

Pola pertama ditujukan untuk kada benda sama halnya penggunaan prefer. Contoh :
‘Vito and Vita like comedy films better than action films’ Vito dan Vita lebih suka film komedi dari pada film aksi.
Pada contoh di atas kita dapat mengetahui bahwa Vito dan Vita lebih menyukai menonton film komedi dari pada film horor. Dan untuk kata more dan better kita boleh memakai salah satu diantaranya.

Pola kedua dipakai untuk menyatakan pilihan terhadap suatu kegiatan atas kegiatan lain. Contoh :
‘Jono likes swimming more than jogging Jono lebih suka berenang dari pada joging.
Contoh di atas adalah pemilihan kegiatan yang lebih disukai Jono antara joging dan berenang. Sama halnya dengan prefer, di sini base form mendapat akhiran –ing seperti jog menjadi jogging dan swim menjadi swimming. Tapi kok huruf akhirnya di double kan sebelum ditambah –ing tak seperti contoh sebelumnya?  Untuk penambahan imbuhan akhiran –ing akan dibahas pada postingan lain.

3. Menggunakan kata ‘would rather’
            Cara ketiga adalah menggunakan kata would rather, untuk polanya bisa lihat di bawah ini :

Subject + would rahter + have + noun + than + noun
Subject + would rahter + Vbase + than + Vbase

Sama halnya dengan dua cara di atas, cara ketiga ini juga digunakan untuk kata benda dan kata kerja. Lihat pada pola pertama, kita tetap membandingkan dua pilihan kata benda dan meletakkan benda yang paling disukai lebih awal. Contoh :
‘Nita would rather have a pet than a toy for her birthday’ Nita lebih suka seekor binatang peliharaan dari pada sebuah mainan untuk ulang tahunnya.
Dan untuk pola kedua digunakan untuk kata kerja, agak berbeda polanya dibandingkan penggunaan prefer dan like. Pada cara ketiga ini kita tidak perlu menambahkan imbuhan akhiran –ing pada base form atau verb base, langsung saja menggunakan Vbase tanpa imbuhan akhiran –ing. Contoh :
‘Mr. Arman would rather use public transportation than drive his own car’ Tuan Arman lebih suka menggunakan angkutan umum dari pada menyetir mobil pribadi.
Perhatikan pada kata use dan drive, dua-duanya adalah Vbase dan tidak mendapatkan imbuhan akhiran –ing.


NB. Perhatikan subjek pada penggunaan prefer dan like, apabila subjeknya kata tunggal atau kata ganti orang ketiga tunggal (she, he, it) maka di akhir kata prefer dan like harus mendapatkan imbuhan ‘s’ sehingga menjadi prefers dan likes.

0 komentar