Senin, 27 Maret 2017

Mudahnya Membuat dan Mencetak Kartu Nama di Printer Biasa Menggunakan Microsoft Office Word


Pada era saat ini, kartu nama sudah menjadi barang yang lumrah. Kartu ini memang kecil namun sangat bermanfaat dalam kehidupan kita sekarang ini. Contoh dalam dunia bisnis atau dunia kerja, kartu nama menjadi sarana paling tepat, efektif dan efisien untuk memberi berbagai informasi tentang bisnis atau usaha di dalam satu lembar kertas kecil. Dalam kartu nama minimal tercantum sedikit informasi awal berupa nama usaha dan logo, nama person, alamat, telepon, e-mail, website dan produk/ layanan.

Umumnya para designer membuat kartu nama menggunakan aplikasi editor seperti Corel Draw atau Photoshop. Sehingga pengetahuan tentang Corel Draw atau Photoshop haruslah mumpuni. Banyak tools yang harus dikuasai agar bisa membuat sebuah desain kartu nama yang bagus. Dan untuk proses mencetaknya biasanya menggunakan mesin khusus misalnya Fujixerox 2770 yang harganya mencapai 50 sampai 70 juta Tapi bagi kita orang awam yang tidak terlalu paham dengan dua aplikasi tersebut, masih tetap bisa membuat dan mencetaknya dengan menggunakan aplikasi yang sudah umum yaitu Microsoft Office Word dan printer biasa. Walaupun mungkin hasilnya tidak akan sewah buatan Corel Draw atau Photoshop, namun ini dapat memangkas biaya desain dan cetak kartu nama tersebut.

Berikut cara membuatnya, disertai dengan gambar untuk memudahkan memahami tutorial ini:

Pertama, buka aplikasi MS Word di sini saya menggunakan Office 2010. Kemudian atur page layout (ukuran kertas) misalnya A4, tujuannya agar kita mudah menyesuaikan berapa kartu nama yang muat dalam ukuran kertas tersebut.


Setelah itu buatlah text box dengan cara klik Insert >> Shape >> Text Box. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah in.


Langkah selanjutnya atur ukuran text box tadi sesuai ukuran nama. Di Indonesia, ukuran standar kartu nama adalah 9 x 5,5 cm. Caranya pergi ke Menu Format >> Size.

Setiap wilayah di dunia masing-masing mempunyai ukuran standar kartu nama sendiri. Seperti di beberapa negara Eropa ukuran standarnya  8,5 × 5,5 cm, Jepang ukurannya 9,1 × 5,5 bm, di Asia Tenggara seperti Hong Kong, China, Singapore, Malaysia memiliki ukuran kartu nama sendiri 9 × 5,4 cm dan lain-lain.

Lalu atur tema backgroundnya sesuai dengan selera kita masing-masing. Masih dalam Menu Format >> Shape Style. Atau kita bisa menggunakan tema yang sudah ada, tinggal kita cari di google gambar dengan kata kunci 'background kartu nama' usahakan pilih gambar minimal berukuran sedang. 


Pilih sesuai keinginan dan simpan ke komputer kita. Setelah di simpan, kembali ke text box, menu Format >> Shape Fill >> Picture dan pilih gambar background yang sudah kita simpan tadi.


Kemudian tinggal kita isi dengan informasi diri kita. Setelah selesai mengisi data diri, ubah warp textnya menjadi Behind Text, menu Format >> Warp Text >> Behind Text. Ini bertujuan mempermudah dalam mengatur letak kartu nama. Contohnya seperti di bawah ini.


Berikutnya, lakukan proses Copas (Copy & Paste) kartu nama tadi,10 kartu nama untuk kertas ukuran A4.

Terakhir tinggal kita print saja, dan pilih pengaturan kualitas high/tinggi pada printer saat mencetaknya.
Semoga Bermanfaat.


0 komentar