Sabtu, 17 Juni 2017

Malam Seribu Bulan? Malam Apa itu?

Malam Seribu Bulan? Malam Apa itu?


Ramadhan adalah bulan suci dan penuh keberkahan bagi umat Islam. Dimana dalam bulan ini segala amal kebaikan akan dibalas berkali lipat dari pada bulan biasanya. Di bulan ini pula ada satu malam, jika seorang muslim melakukan ibadah atau kebaikan maka akan dicatat melakukan ibadah atau kebaikan selama seribu bulan. Malam apakah itu? Malam itu bernama "Lailatul Qadar".
Allah sendiri mengkhususkan untuk memberikan informasi ini dalam sebuah surah Al Qur'an yaitu surah Al Qadr (القدر), surah ke 97.


بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

(إِنَّآ أَنزَلۡنَـٰهُ فِى لَيۡلَةِ ٱلۡقَدۡرِ (١

(وَمَآ أَدۡرَٮٰكَ مَا لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ (٢

(لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ خَيۡرٌ۬ مِّنۡ أَلۡفِ شَہۡرٍ۬ (٣

(تَنَزَّلُ ٱلۡمَلَـٰٓٮِٕكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيہَا بِإِذۡنِ رَبِّہِم مِّن كُلِّ أَمۡرٍ۬ (٤

(سَلَـٰمٌ هِىَ حَتَّىٰ مَطۡلَعِ ٱلۡفَجۡرِ (٥

Sabtu, 27 Mei 2017

HUBUNGAN AQIDAH DENGAN SYARIAT DAN AKHLAK

HUBUNGAN AQIDAH DENGAN SYARIAT DAN AKHLAK


Hubungan Aqidah dengan Syariat
            Menurut sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dari Abdullah bin Umar diceritakan bahwa pernah datang seorang laki-laki kepada Rasulullah SAW, yang kemudian ternyata orang itu adalah malaikat Jibril, menanyakan tetang arti Iman (Aqidah), Islam (Syariat), dan Ihsan (Akhlak). Dan dalam dialog antara Rasulullah SAW dengan malaikat Jibril itu, Rasulullah SAW memberikan pengertian tentang Iman, Islam, dan Ihsan tersebut sebagai berikut.

Minggu, 14 Mei 2017

Contoh Procedure Text Beserta Arti dan Soal Essay

Contoh Procedure Text Beserta Arti dan Soal Essay

Contoh Procedure Text beserta arti dan soal essay – Procedure Text merupakan teks yang sering kita temui dikehidupan sehari-hari. Teks ini bertujuan untuk memberitahu cara melakukan atau membuat sesuatu. Contohnya saja yang sering ditemukan adalah buku manual barang elektronik. Selain itu resep-resep masakan juga termasuk dalam jenis teks ini. Nah di bawah ini salah satu contohnya.

Jumat, 12 Mei 2017

Penjelasan Tentang Comparative dan Superlative Degree

Penjelasan Tentang Comparative dan Superlative Degree


COMPARATIVE AND SUPERLATIVE DEGREE - Dunia belajar memang takkan pernah habis untuk dibahas. Kali ini saya akan membahas pembelajaran bahasa Inggris dengan topik comperative dan superlative degree. Topik ini di ajarkan pada kelas 9 smp atau sederajat, dan ini saya rangkum dari berbagai sumber.
Mari kita bahas satu persatu.

Senin, 08 Mei 2017

Definisi Perhatian Menurut Ilmu Psikologi Umum

Definisi Perhatian Menurut Ilmu Psikologi Umum

         Dalam istilah psikologi, perhatian diartikan sebagai suatu reaksi yang dilakukan oleh organisme dan kesadaran seseorangPerhatian adalah merupakan pemusatan atau konsentrasi dari seluruh aktivitet individu yang ditujukan kepada suatu obyek atau kepada sekumpulan obyek-obyek. Perhatian juga adalah merupakan penyeleksian terhadap stimuli yang ditermia oleh individu yang bersangkutan.

Jumat, 28 April 2017

PRESENT PERFECT  VS SIMPLE PAST

PRESENT PERFECT VS SIMPLE PAST



PRESENT PERFECT VS SIMPLE PAST  - Dalam bahasa Inggris dua jenis kalimat ini memiliki kemiripan fungsi yaitu untuk menerangkan suatu kejadian yang sudah atau telah terjadi.


Sehingga disini membuat beberapa orang bingung saat menggunakannya, terlebih bagi yang baru belajar bahasa Inggris. Tak seperti bahasa Indonesia yang cukup menambahkan kata sudah atau telah di depan kata kerja. Dibawah ini akan di bahas perbedaan diantara dua jenis kalimat bahasa inggris ini.

Rabu, 26 April 2017

Penggunaan Verb 2 dalam Simple Past Tense

Penggunaan Verb 2 dalam Simple Past Tense

Penggunaan Verb 2 dalam Simple Past Tense - Bahasa Inggris mempunyai tiga bentuk kata kerja (verb). Yaitu:
1.       Verb 1 atau Infinitive
2.       Verb 2 atau Past Tense
3.       Verb 3 atau Past Participle
Setiap bentuk verb mempunyai fungsi masing-masing. Sesuai namanya bentuk verb 2 atau Past Tense digunakan untuk membuat kalimat Simple Past Tense.
Perbuhan bentuk-bentuk verb ini juga terbagi lagi menjadi dua bagian. Yaitu Regular Verb dan Irregular Verb.

Selasa, 25 April 2017

Pengertian dan Pembahasan Qiyas

Pengertian dan Pembahasan Qiyas

Pengertian Qiyas
Apa itu Qiyas? Qiyas adalah suatu metode pengambilan hujjah hukum Islam. Menurut Nasrun Haroendalam buku Ushul Fiqh 1 secara bahasa arab qiyas berarti ukuran, mengetahui ukuran sesuatu, membandingkan, atau menyamakan sesuatu dengan yang lain, misalnya mengukur baju dengan meteran. Qiyas menurut Ulama Ushul ialah menghubungkan suatu kejadian yang tidak ada nashnya kepada kejadian lain yang ada nashnya, dalam hukum yang telah ditetapkan oleh nash karena adanya kesamaan dua kejadian itu dalam illat hukumnya.Dengan kata lain, Qiyas ialah mempersamakan hukum sesuatu perkara yang belum ada kedudukan hukumnya dengan sesuatu perkara yang sudah ada ketentuan hukumnya karena adanya segi-segi persamaan antara keduanya yang disebut “illat”(penyebab adanya hukum).

Sabtu, 22 April 2017

Apa itu MLM alias Multi Level Marketing ?

Apa itu MLM alias Multi Level Marketing ?


Apa itu MLM alias Multi Level Marketing? - Multi Level Marketing disingkat MLM tidak asing lagi di Indonesia. Namun, sudah banyak kasus dimana MLM yang menawarkan keuntungan besar pada akhirnya mengecewakan para anggotanya dan berakhir pada kasus penipuan. Jadi lebih baik kita tau apa itu MLM agar tidak tertipu seperti beberapa kasus yang terjadi.

Pengertian MLM (Multi Level Marketing)

Multi Level Marketing adalah sistem penjualan yang memanfaatkan konsumen sebagai tenaga penyalur secara langsung. Sistem penjualan ini menggunakan beberapa level (tingkatan) di dalam pemasaran barang dagangannya. Banyak perusahaan-perusahan yang menggunakan system MLM ini diantaranya adalah CNI, Amway, Avon, Tupperware, Sunchorella, DXN, dan Propolis Gold

Senin, 17 April 2017

Cara Menggunakan Ungkapan Preferences (prefer, like, would rather)

Cara Menggunakan Ungkapan Preferences (prefer, like, would rather)


Mari Belajar Preferences – Bahasa Inggris adalah bahasa internasional saat ini, artinya banyak negara yang menggunakannya sebagai bahasa penghubung antar negara. Karena setiap negara mempunyai bahasa masing-masing, maka dipilihlah bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi. Selain itu bahasa Inggris sudah banyak digunakan dalam dunia teknologi, contoh saja komputer. Komputer dalam pengoperasiannya menggunakan bahasa Inggris walaupun sudah ada yang menggunakan bahasa lain namun sistem pengolahan datanya tetap menggunakan bahasa Inggris. 

Minggu, 16 April 2017

Daftar Irregular Verbs (Kata Kerja Tak Beraturan) Bahasa Inggris Beserta Artinya

Daftar Irregular Verbs (Kata Kerja Tak Beraturan) Bahasa Inggris Beserta Artinya



Daftar Irregular Verbs (Kata Kerja Tak Beraturan) Bahasa Inggris Beserta Artinya - Bahasa Inggris saat ini sudah menjadi bahasa internasional yang artinya bahasa ini menjadi bahasa penghubung antar negara. Namun tak seperti bahasa kita Bahasa Indonesia, kata kerja dalam bahasa Inggris atau yang disebut verb mempunyai 3 bentuk perubahan. Masing-masing perubahan mempunyai fungsi masing. 

Perubahan pertama disebut Base Form atau Verb 1, ini digunakan untuk kalimat Present Tense. Perubahan kedua disebut Past Tense atau Verb 2, seperti namanya kalimat ini digunakan untuk jenis kalimat Past Tense. Perubahan ketiga disebut Past Participle, digunakan untuk jenis kalimat Perfect atau kalimat pasif, passive voice. Dan ada dua jenis verb atau kata kerja dalam bahasa Inggris yaitu regular verbs (kata kerja beraturan) dan irregular verbs (kate kerja tak beraturan). Regular verbs perubahannya cukup ditambah akhiran -ed pada Base Form, sedangkan irregular verbs sudah mempunyai perubahan sendiri.

Minggu, 19 Maret 2017

Definisi Ijma Beserta Syarat dan Landasannya

Definisi Ijma Beserta Syarat dan Landasannya


Bagi umat Muslim terlebih dalam ilmu Ushul Fiqih, kata ijma' pasti sudah tak asing lagi. Ijma' sendiri ialah pengambilan hukum Islam yang tidak terdapat dalam Qur'an maupun Hadits dengan cara kesepakatan oleh ulama-ulama Islam yang disebut mujtahid. Metode pengambilan hukum ini dipakai oleh beberapa ulama fiqih diantaranya adalah ulama dikalangan mazhab Syafi'i.
Lebih lengkapnya akan dibahas dalam penjelasan dibawah ini.

Definisi ijma’ menurut bahasa terbagi menjadi dua arti:
  1. Bermaksud atau berniat.
  2. Kesepakatan terhadap sesuatu. Suatu kaum dikatakan telah ber-ijma’ bila mereka bersepakat terhadap sesuatu.

Adapun perbedaan antara kedua arti di atas adalah : pertama bisa dilakukan oleh satu orang atau banyak, sedangkan arti yang kedua hanya bisa dilakukan oleh dua orang atau lebih, karena tidak mungkin seseorang bersepakat dengan dirinya.
Sedangkan ijma’ menurut istilah, para ulama ushul berbeda pendapat dalam mendefinisikan ijma’ di antaranya:
  1. Pengarang kitab Fushulul Bada’I berpendapat bahwa ijma’ itu adalah kesepakatan semua mujahid dari ijma’ umat Muhammad SAW dalam suatu masa setelah beliau wafat terhadap hukum syara’.
  2. Dikutip dari buku Ilmu Ushul Fiqh karangan Rahmad Syafe’i, MA, Al-Kamal bin Hamam (Pengarang kitab Tahrir), berpendapat bahwa ijma’ adalah kesepakatan mujahid suatu masa dai ijma’ Muhammad SAW terhadap masalah syara’.
  3. Menurut ‘Abdul-Karim Zaidan dalam buku Ushul Fiqh karya Prof. Dr. H. Satria Effendi, ijma’ adalah kesepakatan para mujahid dari kalangan umat islam tentang hukum syara’ pada suatu masa setelah Rasulullah wafat.

Sedangkan syarat-syarat ijma’ ada 5 yaitu:

a) Yang bersepakat adalah para mujtahid
Secara umum mujtahid itu diartikan sebagai para ulama yang mempunyai kemampuan dalam meng-istinbath hukum dari dalil-dalil syara’.

b) Yang bersepakat adalah seluruh mujtahid
Bila sebagian mujtahid bersepakatdan yang lainnya tidak, meskipun sedikit, maka menurut jumhhur, hal itu tidak bisa dikatakan ijma’, karena ijma’ itu harus mencakup keseluruhan mujtahid.
Sebagian ulama berpandangan bahwa ijma’ itu sah bila dilakukan oleh sebagian besar mujtahid, karena yang dimaksud kesepakatan ijma’, termasuk pula kesepakatan sebagian besar dari mereka. Begitu pula menurut kaidah fiqh, sebagian besar itu telah mencakup hukum keseluruhan.

c) Para Mujtahid Harus Umat Muhammad SAW
Kesepakatan yang dilakukan oleh para ulama selain umat Muhammad SAW tidak bisa dikatakan ijma’. Hal itu menunjukkan adanya umat para Nabi lain yang ber-ijma’. Adapun ijma’ umat Nabi Muhammad SAW tersebut telah dijamin bahwa mereka tidak mungkin ber-ijma’ untuk melakukan kesalahan.

d) Dilakukan setelah wafatnya Nabi
Ijma’ itu tidak terjadi ketika Nabi masih hidup, karena Nabi senantiasa menyepakati perbuatan-perbuatan para sahabat yang dipandang baik, dan itu dianggap sebagai syari’at.

e) Kesepakatan mereka harus berhubungan dengan syari’at
Maksudnya, kesepakatan mereka haruslah kesepakatan yang ada kaitannya dengan syari’at, seperti tentang wajib, sunah, makruh, haram,dan lain-lain.

Ijma’ baru dapat diakui sebagai dalil atau landasan hukum bilamana dalam pembentukannya mempunyai landasan syara’ yang disebut sanad (landasan) ijma’. Para ulama Fiqh sepakat atas keabsahan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai landasan ijma’.

Macam-macam Ijma’
Macam-macam ijma’ bila dilihat dari cara terjadinya ada dua macam, yaitu:
a.       Ijma’ Sharih (bersih atau murni)
Berdasarkan Syekh Abdul Wahab Khallaf, dalam buku Ilmu Usul Fikih, pengertian ijma’sharih yaitu kesepakatan mujtahid terhadap hukum mengenai suatu peristiwa. Masing-masing bebas mengeluarkan pendapat. Jelas terlihat dalam fatwa, dan dalam memutus suatu perkara. Tiap-tiap mujtahid itu merupakan sumber hukum, jelas terlihat dari pendapat mereka. Semua mujtahid mengemukakan pendapat mereka masing-masing, kemudian menyepakati salah satunya.
b.      Ijma’ Sukuti
Menurut Saeful Hadi, S.Pd.I, ijma’ sukuti dalah ijma’ dimana para ulama mujtahid berdiam diri tidak mengeluarkan pendapatnya atas mujtahid lain, dan diamnya itu sebagai pertanda persetujuan atas pendapat mujtahid lain, bukan karena takut atau malu. Pengertian itu menurut Hanafiyah dan Hanabilah,dan mereka mengatakan bahwa ijma’ sukuti sah dijadikan sumber hukum. Karena apabila mereka tidak setuju dan memandangnya keliru mereka harus tegas menentangnya. Manakala mereka tidak menentangnya secara tegas, hal itu menandakan bahwa mereka menyetujuinya. Sedangkan menurut Imam Syafi’i dan kalangan Malikiyah ijma’ sukuti tidak dapat dijadikan landasan pembentukan hukum. Alasannya, diamnya sebagian para mujtahid belum tentu menandakan setuju, karena bisa jadi disebabkan takut kepada penguasa, atau boleh jadi juga disebabkan merasa sungkan menentang pendapat mujtahid yang punya pendapat itu karena dianggap senior. Jadi ijma’ sukuti adalah bahwa sebagian ulama mujtahid menyatakan pendapatnya, sedangkan ulama mujtahid lainnya hanya diam tanpa komentar.

Kehujjahan ijma’
1.    Jumhur ulama berpendapat bahwa ijma’ adalah hujjah yang wajib diamalkan dengan alasan:

وَمَن يُشَاقِقِ ٱلرَّسُولَ مِنۢ بَعۡدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ ٱلۡهُدَىٰ وَيَتَّبِعۡ غَيۡرَ سَبِيلِ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ نُوَلِّهِۦ مَا تَوَلَّىٰ وَنُصۡلِهِۦ جَهَنَّمَۖ وَسَآءَتۡ مَصِيرًا


115.  Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang Telah dikuasainya itu dan kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali. (Q.S. 4:115)
Allah mengancam orang yang mengikuti bukan jalan kaum mukminin dengan memasukkannya ke neraka jahanam. Hal ini menunjukkan akan haramnya mengikuti bukan jalannya orang mukmin itu dan wajibnya mengikuti jalan orang mukmin dan apa yang disepakati umat Islam (sebagai tamsil dari mujtahid dan mereka yang memiliki spesialisasi dalam bidang tasyri’) wajib diikuti dan tidak boleh menyalahinya.

2.    Al-Nazham, sebagian Mu’tazilah dan Syi’ah berpendapat bahwa ijma’ bukan hujjah, dengan alasan: “setiap individu mujtahid itu mungkin saja tersalah dan hal ini bisa saja terjadi dalam jemaah mereka.”

Itulah penjelasan ijma'  yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Share artikel ini jika menurut sobat bermafaat. Wassalam,


Minggu, 08 Januari 2017

LAFADZ ADZAN, IQAMAH DAN DOA SESUDAHNYA

LAFADZ ADZAN, IQAMAH DAN DOA SESUDAHNYA


Lafadz Adzan, Iqamah dan Doa Sesudahnya - Ketika adzan berkumandang maka umat muslim bergegas ke masjid atau musholla untuk melaksanakan sholat fardhu berjamaah. Dan apabila dirasa kaum muslimin sudah siap untuk sholat maka dikumandangkan lah iqamah pertanda sholat akan segera dilaksanakan. 

Untuk itu saya akan memberikan lafadz adzan dan iqamah beserta artinya. Semoga dapat membantu saudaraku kaum muslimin ataupun yang sedang mempelajari Islam. Sobat juga bisa mendownload filenya berupa doc dan pdf.

Lafadz Adzan
اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ                             (2x)
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar
                                                    
أَشْهَدُ اَنْ لَّآ اِلَهَ إِلاَّاللهُ                             (2x)
Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah

اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ                      (2x)
Aku bersaksi bahwa Muhammad utusan Allah
                                                    
حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ                                 (2x)
Marilah mendirikan sholat

حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ                                  (2x)
Marilah menuju kemenangan

اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ                                                                (1x)
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

لَآ اِلَهَ إِلاَّاللهُ                                       (1x)
Tiada Tuhan Selain Allah

Untuk sholat subuh, ditambah lafadz ini sesudah lafadz Hayya ‘alal falah.

 اَلصَّلَآةُ خَيْرٌ مِّنَ النَّوْمِ                  (2x)

Sholat Lebih Baik Dari Pada Tidur

Dan ini doa yang dibaca setelah mendengar Adzan.


"Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan sholat yang tetap didirikan. Karuniakanlah Sayyidina Muhammad wasilah (tempat yang luhur), dan kelebihan serta kemuliaan, dan angkatlah ia ketempat (kedudukan) yang terpuji, yang telah Engkau janjikan kepadanya. Sesungguhnya Engkau tak akan menyalahi janji"

Lafadz Iqamah 
اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ                            (1x)
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

أَشْهَدُ اَنْ لَّآ اِلَهَ إِلاَّاللهُ                             (1x)
Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah

اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ                      (1x)
Aku bersaksi bahwa Muhammad utusan Allah

حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ                                 (1x)
Marilah mendirikan sholat

حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ                                  (1x)
Marilah menuju kemenangan

قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ                                  (2x)
Telah datang waktu mendirikan sholat

اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ                                (1x)
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

لَآ اِلَهَ إِلاَّاللهُ                                         (1x)
Tiada Tuhan selain Allah


Dan ini doa dibaca setelahnya :

اَلّٰلهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَآئِمَةِ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآتِهِ سُؤْلَهٗ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.

Ya Allah Tuhan yg memiliki panggilan yg sempurna dan memiliki Sholat yg ditegakkan, curahkanlah rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw dan berilah atau kabulkanlah segala permohonannya pada hari kiamat.”


Untuk mendownload filenya silahkan klik link di bawah ini :

Adzan    : DOC  |  PDF

Iqamah  : DOC  |  PDF