Rabu, 02 Agustus 2017

Contoh SURAT KETERANGAN JUAL BELI TANAH

Contoh SURAT KETERANGAN JUAL BELI TANAH


Contoh SURAT KETERANGAN JUAL BELI TANAH - Sudah hal yang lumrah bagi seseorang memiliki perasaan untuk mempunyai sebidang tanah, baik itu untuk tempat tinggal, usaha ataupun yang lainnya. Sehingga banyak terjadi proses jual beli tanah di sekitar kita. 

Sebelum membeli tanah alangkah lebih baiknya kita memperhatikan beberapa hal. Contohnya periksa terlebih dahulu, gali info lebih dalam apakah tanah itu dalam masalah sengketa atau tidak. Pengalaman dari bapak penulis mengalami kerugian karena membeli tanah kebun yang ternyata masih dalam sengketa. Hilanglah uang belasan juta, karena pada saat itu tanah masih murah (jangan bayangkan harga tanah sekarang dengan harga belasan juta, he). Pertanyakan pada penjual apakah mempunyai SHM atau minimal sporadik atas tanah tersebut. Bila tidak ada patut dipertanyakan dan diselidiki lebih dahulu, karena tanah itu biasanya bermasalah.  

Pada saat transaksi jual beli, mintalah SHM atau Sporadik tanah tersebut dan buatlah SURAT KETERANGAN JUAL BELI TANAH agar ada bukti transaksi bahwa sang penjual benar-benar sudah menjual tanah tersebut. Setelah itu segeralah urus SHM di kantor Badan Pertahanan Nasional setempat atau minimal Sporadik di kantor kelurahan/desa setemat untuk mengganti hak pemilik tanah atas Nama kita sendiri, karena tanah tersebut sudah sah menjadi milik kita. Bagi yang tidak tau cara membuat Sporadik, pada postingan terdahulu sudah saya bahas. CONTOH SURAT PERNYATAAN PENGUASAAN FISIK BIDANG TANAH (SPORADIK) SIAP EDIT Nah di bawah ini akan diberikan contoh SURAT KETERANGAN JUAL BELI TANAH. 

Jumat, 16 Juni 2017

Film Biografi Umar Bin Khattab

Film Biografi Umar Bin Khattab


Umar bin Khattab adalah seorang sahabat Nabi yang merupakan salah satu khulafaur rasyidin. Umar terlahir dari bani Adi bagian suku Quraisy di Mekkah. Dia mempunyai ayah yang bernama Khattab bin Nufail Al Shimh Al Quraisyi dan ibunya bernama Hantamah binti Hasyim, dari Bani Makhzum. Umar dikenal sebagai sahabat Nabi yang tegas dan keras, namun juga mempunyai hati yang lembut.
Awal-awal Nabi Muhammad menerima firman Allah yang mengangkatnya sebagai Rasul, Umar adalah salah satu kaum Quraisy yang menentangnya. Sampai-sampai dia ingin membunuh Nabi, namun ketika diperjalan dia bertemu seseorang yang mengatakan bahwa adik perempuannya Fatimah binti Khattab telah menganut ajaran Nabi. Maka berbalik arahlah dia yang tadi hendak membunuh Nabi menuju rumah adiknya dengan keadaan sangat marah.

Selasa, 23 Mei 2017

DOWNLOAD SURAT KETERANGAN USAHA (SKU)

DOWNLOAD SURAT KETERANGAN USAHA (SKU)


DOWNLOAD SURAT KETERANGAN USAHA (SKU) - Dunia usaha saat ini memang sangat berkembang. Banyak usaha inovasi baru yang bermunculan baik itu di bidang kuliner, fashion dan sebagainya. Nah, untuk sobat pelaku usaha ada baiknya kita memiliki Surat Keterangan Usaha (SKU) dari desa/kelurahan ataupun yang langsung dari Kementerian Dalam Negeri, Surat Izin Usaha Perdangan atau SIUP. Surat ini nanti akan berguna ketika kita meminjam modal usaha dan sebagainya.
Untuk SIUP dari Kemendagri, maka kita bisa mengurusnya di Kantor Kemendagri setempat. Sedangkan untuk SKU kita memintanya di desa atau kelurahan. Atau kita bisa membuatnya sendiri kemudian minta dilegalkan ke kepala desa setempat. Berikut contohnya: 

Jumat, 05 Mei 2017

Membuka Usaha Studio Foto Rumahan, Mengapa Tidak??

Membuka Usaha Studio Foto Rumahan, Mengapa Tidak??

Membuka Usaha Studio Foto Rumahan, Mengapa Tidak? - Halo sobat... Apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu. Sebenarnya artikel ini mau ditulis beberapa hari yang lalu, namun berhubung UN tingkat SMP sedang berlangsung sebagai seorang guru SMP maka saya lebih fokus ke penyelenggaraan UN di tempat saya mengajar. Sehingga artikel ini molor di tulis selama beberapa hari.
Artikel ini ditulis hanya ingin sharing pengalaman pribadi yang saya rasakan saat membuka usaha studio foto rumahan yang telah berlangsung sekitar dua tahun-an. Saat saya lulus kuliah dan sebelum menjadi seorang guru, bermodalkan hobi fotografi saya mencoba peruntungan di dunia usaha studio foto ini. Dengan modal awal DSLR Canon 550D (kamera yang saya gunakan untuk motret saat kuliah), flash eksternal, printer Epson PM245, komputer dan kain background warna biru dan merah saya membuka usaha jasa pas foto kilat di rumah. Dan hasil yang di dapat bisa saya bilang sebanding dengan honor awal saya mengajar terkadang lebih banyak.
Kalau dirinci-rinci modal awal saya adalah :
Kamera bekas Canon 550D    Rp. 4.300.000 (harga tahun 2014)
Flash eksternal                        Rp. 450.000
Printer Epson PM245              Rp. 3.350.000
Komputer                          Rp. 4.000.000 (saya menggunakan komputer yang saya gunakan sejak awal kuliah)
2 kain background                  Rp. 150.000
Bagi sobat yang ingin memulai usaha ini namun masih bingung mau mulai dari mana, saya akan berbagi informasi apa yang perlu kita siapkan baik peralatan (equipments) maupun hal-hal lainnya.

Senin, 24 April 2017

Contoh SURAT PERNYATAAN PENGUASAAN FISIK BIDANG TANAH (SPORADIK) Siap Edit

Contoh SURAT PERNYATAAN PENGUASAAN FISIK BIDANG TANAH (SPORADIK) Siap Edit

Contoh SURAT PERNYATAAN PENGUASAAN FISIK BIDANG TANAH (SPORADIK) - Berdasarkan hukum dinegara kita, sebidang tanah yang kita miliki harus mempunyai sebuah surat kepemilikan / sertifikat tanah. 

Baik itu berupa sertifikat tanah tingkat desa/kelurahan (sporadik) ataupun sertifikat yang sudah resmi tercatat di Badan Pertanahan Nasional (SHM). 

Sertifikat ini nantinya berguna sebagai bukti penguasaan bidang tanah yang anda miliki dan bisa dijadikan dasar kuat apabila terjadi sengketa tanah. Berdasarkan jenisnya sertifikat Badan Pertanahan Nasional lah yang memiliki kedudukan paling kuat di mata hukum negara kita. Namun membuat sertifikat ini memerlukan dana yang lumayan banyak sekitar 500 ribu lebih tergantung provinsi terkait. Solusi sementaranya adalah membuat sporadik dengan dasar hukum PP 24/1997 Pasal 1 angka 11 yang tercatat di desa/kelurahan setempat.

Jumat, 14 April 2017

Contoh Surat Lamaran Kerja (Link Download Doc)

Contoh Surat Lamaran Kerja (Link Download Doc)

Contoh Surat Lamaran Kerja (Siap Edit) - Bagi para pelamar kerja, selain daftar hidup surat lamaran kerja merupakan bagian pokok untuk melamar kerja.



Dalam melamar kerja, berkas-berkas utama yang harus ada adalah surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup. Surat lamaran kerja berisi tentang informasi pribadi seperti nama dan alamat, berkas-berkas yang dilampirkan dan penyebutan posisi yang diinginkan. Sedikit tips untuk pelamar kerja, carilah informasi tentang posisi yang ditawarkan dan juga informasi perusahaan yang menawarkan lowongan kerja tersebut. Ini bertujuan agar anda tidak terlihat 'bodoh' saat wawancara lamaran. Dan juga agar anda tidak terkena penipuan, karena sekarang ini banyak penipuan berkedok lowongan kerja. Pada saat wawancara lakukanlah dengan percaya diri, jangan sungkan untuk menyebutkan kelebihan diri anda tetapi jangan juga berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan ujung-ujungnya akan tidak baik.

Kamis, 13 April 2017

Surat Permohonan Pembatalan dan Pengembalian Uang Setoran Haji

Surat Permohonan Pembatalan dan Pengembalian Uang Setoran Haji


  Haji merupakan rukun Islam ke lima yang wajib dilaksanakan oleh kaum muslimin maupun muslimat. Haji dilaksanakan di bulan Dzulhijjah dalam kalender tahun Hijriah. Orang-orang muslim dari berbagai belahan dunia berbondong-bondong datang ke Mekkah dan Madinah untuk melaksanakan panggilan Allah ini. Tak terkecuali dari Indonesia, dari tahun ke tahun jama’ah asal Indonesia lah yang membanjiri pelaksanaan ibadah haji di tanah haram baik itu muda ataupun yang sudah tua. 

Rabu, 04 Januari 2017

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memelihara Kura-Kura Air Tawar (Terrapin)

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memelihara Kura-Kura Air Tawar (Terrapin)

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memelihara Kura-Kura Air Tawar (Terrapin) - Bagi yang suka memelihara hewan pasti anda kenal dengan kura-kura air tawar.



Hewan berdarah dingin yang mempunyai nama lain freswater turtoise atau terrapin ini bisa hidup di dua alam baik darat maupun air. Sehingga ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam memelihara binatang omnivora ini.

1. Niat
Tentu saja niat diperlukan untuk memelihara hewan amfibi ini. Ini bertujuan agar kita merawatnya tidak setengah-setengah.

2. Mempunyai Kura-Kura Air Tawar
Ya iya lah.. Niatnya saja ingin memelihara kura-kura air tawar, ya harus punya hewan ini masa ular. He...

3. Kandang
Kalau di atas tadi cuma intermedzonya saja, yang satu ini benar-benar harus diperhatikan. Kandang kura-kura jenis ini bisa berupa sebuah akuarium ataupun toples kotak besar. Karena hewan ini merupakan hewan dua alam, maka kita harus mendekor kandangya dengan daratan dan perairan.

4. Pakan
Makanan yang disukainya berupa sayuran misalnya kangkung, sawi, wortel dan lain-lain. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, kita juga bisa memberikan pakan ikan untuk kura-kura ini. 
Karena kura-kura satu ini merupakan omnivora, berikanlah cemilan seperti jangkring, cacing ataupun ikan kecil seminggu sekali.

5. Perawatan
Untuk perawatannya cukup mudah, pertama jemur kura-kura dibawah sinar matahari pagi sekitar 15 sampai 30 menit paling sedikit satu minggu sekali. Kedua, apabila kandangnya tidak mempunyai filter air gantilah air di dalam kandang 3 atau 5 hari sekali untuk membuang kotoran ataupun sisa-sisa makanan. Ketiga bersihkan tubuh kura-kura dengan sikat gigi seminggu sekali untuk menghilangkan lumut atau kotoran yang menempel di tempurung kura-kura.

Yap.. Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara kura-kura air tawar berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. Memelihara hewan sangat baik dilakukan terlebih untuk anak-anak. Untuk lebih lengkapnya tentang manfaat memelihara hewan baca disini

Semoga bermanfaat...





Minggu, 27 September 2015

3 Puisi Terbaik dan Terkenal Di Indonesia

3 Puisi Terbaik dan Terkenal Di Indonesia


Puisi, siapa yang tak kenal puisi? Puisi ada sejak lama, contoh puisi lama yaitu berupa pantun dan syair.
Puisi-puisi dibawah ini sangat terkenal di Indonesia. Mungkin sebagian anda sudah tahu.

1. "Al I'tiraf (Pengakuan)" Karya Abu Nawas
    Siapa yang tak tahu Abu Nawas? Abu Nawas sebenarnya merupakan seorang pujangga, baca Syair Penggugah Jiwa "Al I'tirof (Sebuah Pengakuan)" Karangan Abu Nawas. Pada zamannya orang masih menggunakan bentuk puisi lama yaitu syair. Syairnya yang terkenal yaitu Al I'tiraf yang artinya sebuah Pengakuan dan berbahasa Arab. Puisi berisi tentang kegundahan Abu Nawas sendiri, tentang dosa-dosanya yang sudah dilakukannya. Sehingga ia mencoba menuliskannya sebagai sarananya meluapkan rasa bersalahnya kepada Tuhan dan permohonan tobatnya. Makna di setiap baitnya sangat dalam bahkan dapat meneteskan air mata bagi yang membacanya. Berikut puisinya dalam bahasa Indonesia.

Sebuah Pengakuan 

Wahai Tuhanku ! Aku bukanlah ahli surga 
Namun juga tak tahan atas neraka
sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dosa yang besar.
Dosa-dosaku bagaikan bilangan pasir
maka berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki keagungan.
Umurku berkurang setiap hari
sedang dosaku selalu bertambah, bagaimana aku menanggungnya.
Wahai, Tuhanku! Hamba Mu yang durhaka telah datang kepada Mu
dengan mengakui segala dosa, dan telah memohon kepada Mu.
Maka jika Engkau mengampuni, Engkaulah pemilik ampunan
 Maka berilah aku taubat (ampunan) dan ampunilah dosaku


2. "Aku" Karya Chairil Anwar
    Siapa tak kenal Chairil Anwar di Indonesia? Pujangga satu ini sangat terkenal, karyanya banyak terdapat di buku-buku pelajaran bahasa Indonesia yang membahas tentang puisi. Terlebih puisi yang berjudul "Aku", puisi tentang keinginan Chairil Anwar untuk hidup seribu tahun namun dia sadar akan batasan umur manusia, dan dia tidak ingin seorang pun meratapi kepergiannya.


Aku

Kalau sampai waktuku
'Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri
Dan aku akan lebih tidak perduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi


3. "Tentang Seseorang" Karya Rangga AADC
    Mungkin puisi ini cuma populer di kalangan remaja tahun 2000n. Puisi ini sangat fenomenal karena merupakan puisi utama dari film fenomenal Ada Apa Dengan Cinta atau AADC. Siapa tak kenal dengan baitnya seperti,
"Ku lari ke pantai kemudian teriak ku", atau baitnya "Atau aku harus lari ke hutan lalu belok ke pantai"
Bait-baitnya banyak yang dijadikan plesetan lucu yang mengundang senyum.
Dan di film ini juga mengangkat puisi terkenal Aku karya Chairil Anwar, dan awal cerita cinta di film ini juga dimulai saat ketidak sengajaan sang cewek menemukan buku puisi Aku kepunyaan sang cowok.


Tentang Seseorang

Ku lari ke hutan, kemudian menyanyiku
Ku lari ke pantai, kemudian teriakku
Sepi-sepi dan sendiri
Aku benci
Aku ingin bingar,
Aku mau di pasar
Bosan Aku dengan penat,
Dan enyah saja kau pekat
Seperti berjelaga jika Ku sendiri

Pecahkan saja gelasnya biar ramai, 
biar mengaduh sampai gaduh,
Ada malaikat menyulam jaring laba-laba belang di tembok keraton putih,
Kenapa tak goyangkan saja loncengnya, biar terdera
Atau aku harus lari ke hutan lalu belok ke pantai?
5 TIPS Menjaga Kesehatan Menghadapi Musim Panas

5 TIPS Menjaga Kesehatan Menghadapi Musim Panas


Saat ini kita sedang dihadapkan dengan musim kemarau yang tentunya panas bahkan diperparah dengan asap kebakaran lahan di beberapa tempat. Tentu hal ini akan menganggu kesehatan kita, terutama kesehatan yang menyangkut sistem pernafasan.

Berikut beberapa tips untuk tetap menjaga tubuh kita tetap fit.

1. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan
    Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan, terutama yang mengandung banyak vitamin C. Seperti buah jeruk, apel, kiwi, anggur, strawberry, pepaya, sirsak dll. Karena vitamin C dapat meningkatkan kekebalan kita.

2. Makan Yang Seimbang
    Masih ingat dengan slogan 4 sehat 5 sempurna? Hal ini sangat berguna, karena makanan dalam slogan tersebut terdapat nutrisi-nutrisi yang seimbang dan diperlukan tubuh kita. Dalam konsep 4 sehat 5 sempurna, makanan dibagi atas empat sumber nutrisi penting, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu bila mampu, menjadi lima sempurna. Konsep ini menekankan pentingnya empat golongan makanan berupa sumber kalori untuk tenaga, protein untuk pembangun, sayur dan buah sumber vitamin dan mineral untuk pemeliharaan. Sumber wikipedia.com 

3. Perbanyak Minum Air Putih
    Air putih mengandung banyak mineral yang diperlukan tubuh. Air putih dapat mencegah dehidrasi dan menghilangkan rasa haus. Pada masa kemarau yang panas ini, tubuh akan mudah mengalami dehidrasi sehingga kita membutuhkan asupan air putih yang cukup.

4. Olahraga Teratur
    Badan yang jarang melakukan aktivitas olahraga akan mudah terserang penyakit karena stamina  dan daya tubuh yang menurun. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa olahraga yang teratur meskipun ringan seperti aerobik 30 menit dapat mengaktifkan sel darah putih yang merupakan komponen utama imun tubuh terhadap penyakit. Sedangkan olahraga yang berlebihan akan menurunkan daya tahan tubuh.
Olahraga intens tampaknya menyebabkan penurunan sementara dalam fungsi kekebalan tubuh. Penelitian menemukan bahwa selama aktivitas fisik intens, tubuh memproduksi hormon tertentu yang menurunkan sementara kemampuan imunitas. Kortisol dan adrenalin, yang dikenal sebagai hormon stres, akan meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta menekan sistem kekebalan tubuh. Sumber: Amazine.co

5. Istirahat Teratur
    Mengistirahatkan tubuh kita mempunyai peranan yang penting bagi tubuh dan pikiran. Setelah disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang menyita tenaga dan pikiran, kita perlu mengistirahatkan tubuh kita untuk menyegarkan tubuh juga pikiran. Dengan begitu tubuh dan pikiran menjadi rileks dan dapat menghadapi kesibukkan di keesokan harinya.
    

* Tips Tambahan
Gunakan masker
   Bila ke luar rumah dan kondisi keadaan udara yang buruk seperti kabut asap maupun berdebu pakailah masker untuk melindungi sistem pernafasan.

Jumat, 25 September 2015

Syair Penggugah Jiwa "Al I'tirof (Sebuah Pengakuan)" Karangan Abu Nawas

Syair Penggugah Jiwa "Al I'tirof (Sebuah Pengakuan)" Karangan Abu Nawas



Wahai Tuhanku ! Aku bukanlah ahli surga
Namun juga tak tahan atas neraka
Maka berilah aku taubat (ampunan) dan ampunilah dosaku
sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dosa yang besar.
Dosa-dosaku bagaikan bilangan pasir
maka berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki keagungan.
Umurku berkurang setiap hari
sedang dosaku selalu bertambah, bagaimana aku menanggungnya.
Wahai, Tuhanku! Hamba Mu yang durhaka telah datang kepada Mu
dengan mengakui segala dosa, dan telah memohon kepada Mu.
Maka jika Engkau mengampuni, Engkaulah pemilik ampunan
               
Syair Abu Nawas memang sangat fenomenal, bait syairnya yang sangat mendalam dapat menyentuh relung hati dan jiwa. Sehingga banyak musisi dalam negeri ikut menyemarakkan syair sang pujangga terkenal ini. Salah satunya adalah Haddad Alwi dan masih banyak yang lainnya.

Biografi singkat Abu Nawas

Abu Nawas yang selama ini kita kenal adalah tokoh jenaka dalam cerita seribu satu malam. Dikisahkan bahwa Abu Nawas adalah seorang yang pintar dan dalam menyelesaikan masalahnya selalu dengan hal-hal yang bisa membuat tersenyum atau tertawa.

Namun, siapakah sebenarnya Abu Nawas itu?
Abu Nawas bernama asli Abu Ali Hasan bin Hani' al-Hakami, seorang penyair yang terkenal di jaman bani Abbasiyah. Karya-karya syairnya yang terkenal di semua kalangan, membuat beliau dianggap pemimpin para penyair pada masa itu.

Dalam kehidupannya Abu Nawas tak pernah lepas dari perbuatan yang berbau maksiat seperti minum khamr, Bahkan ada yang menyebut kumpulan syair-syairnya dengan sebutan khamriyyat.

Akan tetapi, diakhir hayatnya Abu Nawas sempat bertaubat dan menuliskan sebuah syair yang menyatakan ketaubatannya. Diceritakan dari Ibnu Khalikan, bahwa dari Muhammad bin Nafi berkata, " Aku adalah temannya Abu Nawas, namun terjadi sesuatu sehingga aku dan dia tidak berhubungan sampai aku mendengar kematiannya. Pada suatu malam, aku bermimpi bertemu Abu Nawas dan aku bertanya, 'Wahai Abu Nawas, apa balasan dari Allah terhadapmu?' Dia menjawab, 'Allah mengampuni dosa-dosaku karena beberapa syair yang ku tulus saat aku sakit, syair itu berada di bawah bantalku' Maka saya pun mendatangi keluarganya dan menanyakan bantalnya dan kutemukan secarik kertas yang bertuliskan syair tersebut."

Kamis, 24 September 2015

Kisah Pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail (Sejarah berkurban di Hari Raya Idul Adha)

Kisah Pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail (Sejarah berkurban di Hari Raya Idul Adha)


Allahuakbar, allahuakbar, allahuakbar, lailahaillahuwallahu akbar, allahuakbar, walillahilhamd.

Hari ini umat muslim merayakan hari raya Idul Adha, setelah kemarin tanggal 23 September 2015 umat muslim yang menunaikan ibadah haji melaksanakan wukuf dipadang arafah. Tak lupa admin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1436 H, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Di hari raya Idul Adha ini umat muslim mempunyai ritual sakral yaitu ibadah Qurban, yaitu menyembelih hewan ternak yang telah memenuhi syarat dan dagingnya diberikan kepada orang yang berhak (orang miskin, fakir, yatim piatu dan lain-lain).

Ritual ini diperintahkan berdasarkan sejarah Nabi Ibrahim as yang diperintah Allah untuk menyembelih anaknya sendiri Nabi Ismail as, sebagai ujian keimanan keduanya.
Suatu malam Nabi Ibrahim as bermimpi bahwa beliau disuruh untuk menyembelih putranya sendiri Nabi Ismail as. Dan mimpi seorang nabi adalah salah satu dari cara-cara turunnya wahyu Allah , maka perintah yang diterimanya dalam mimpi itu harus dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim. Beliau pun terbangun, dan duduk termenung memikirkan peintah itu. Seorang anak yang selama ini diidam-idamkan sebagai penerusnya harus disembelih dengan tangannya sendiri.
Namun sebagai seorang Nabi dan Rasul Allah yang menjadi teladan bagi para pengikutnya dalam menjalankan segala perintah Allah mau tak mau harus melaksanakan perintah tersebut. Beliau harus menempatkan cintanya kepada Allah di atas cintanya kepada anak, isteri, harta benda dan lain-lain tanpa memikirkan konsekuensinya.

Nabi Ibrahim merasa sangat berat melaksanakan perintah tersebut, namun sesuai dengan firman Allah yang bermaksud:" Allah lebih mengetahui di mana dan kepada siapa Dia mengamanatkan risalahnya." Nabi Ibrahim membuang semua keraguannya dan memantapkan hatinya untuk menyembelih puteranya sendiri Nabi Ismail sebagai qurban. Dan berangkatlah serta merta Nabi Ibrahim menuju ke Makkah untuk menemui dan menyampaikan kepada puteranya apa yang Allah perintahkan.

Setelah diberitahukan alasan mengapa ayahnya datang ke Makkah, Nabi Ismail pun menjawab.:" Wahai ayahku! Laksanakanlah apa yang telah diperintahkan oleh Allah kepadamu. Engkau akan menemuiku insya-Allah sebagai seorang yang sabar dan patuh kepada perintah. Aku hanya meminta dalam melaksanakan perintah Allah itu , agar ayah mengikatku kuat-kuat supaya aku tidak banyak bergerak sehingga menyusahkan ayah, kedua agar menanggalkan pakaianku supaya tidak terkena darah yang akan menyebabkan berkurangnya pahalaku dan terharunya ibuku bila melihatnya, ketiga tajamkanlah parangmu dan percepatkanlah perlaksanaan penyembelihan agar menringankan penderitaan dan rasa pedihku, keempat dan yang terakhir sampaikanlah salamku kepada ibuku berikanlah kepadanya pakaian ku ini untuk menjadi penghiburnya dalam kesedihan dan tanda mata serta kenang-kenangan baginya dari putera tunggalnya." Nabi Ibrahim pun memeluk anaknya Nabi Ismail dan dicium pipinya oleh Nabi Ibrahim seraya berkata:" Bahagialah aku mempunyai seorang putera yang taat kepada Allah, bakti kepada orang tua yang dengan ikhlas hati menyerahkan dirinya untuk melaksanakan perintah Allah."

Tibalah hari dimana pengorbanan itu tiba, tangan dan kaki Nabi Ismail pun diikat sesuai permintaannya. Dengan bergelimangan air mata, Nabi Ibrahim memandang ke wajah anaknya untuk terakhir kali dan bersiap menyembelih puteranya sendiri. Namun anehnya, parang yang sudah diasahnya sedemikian tajamnya tiba-tiba menjadi tumpul, tak mampu menggores kulit Nabi Ismail sedikit pun. Sadar akan hal itu, Nabi Ismail pun berkata kepada ayahnya Nabi Ibrahim: :" Wahai ayahku! Rupa-rupanya engkau tidak sampai hati memotong leherku karena melihat wajahku, cobalah telengkupkan aku dan laksanakanlah tugasmu tanpa melihat wajahku."
Namun apa daya itu merupakan kehendak Allah dan merupakan mukjizat untuk kedua Nabi mulia itu sebagai tanda bahwa perintah itu hanyalah ujian bagi keduanya untuk menguji sampai sejauh mana ketaatan dan kecintaan mereka kepada Allah SWT.

Dalam keadaan bingung dan sedih hati, karena gagal dalam usahanya menyembelih puteranya, datanglah kepada Nabi Ibrahim wahyu Allah bahwa beliau telah berhasil melaksanakan perintah Allah, dan perintah itu hanyalah ujian bagi keduanya. Dan Allah menebus Nabi Ismail dengan seekor kambing, dan memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih kambing tersebut yang sudah ada disampingnya. Segera Nabi Ibrahim menyembelih kambing itu dengan parang yang tumpul tadi namun ajaibnya parang itu dengan mudahnya menyayat leher si kambing. Itulah kehendak Allah, apapun bisa terjadi.

فَبَشَّرۡنَـٰهُ بِغُلَـٰمٍ حَلِيمٍ۬ (١٠١) فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ ٱلسَّعۡىَ قَالَ يَـٰبُنَىَّ إِنِّىٓ أَرَىٰ فِى ٱلۡمَنَامِ أَنِّىٓ أَذۡبَحُكَ فَٱنظُرۡ مَاذَا تَرَىٰ‌ۚ قَالَ يَـٰٓأَبَتِ ٱفۡعَلۡ مَا تُؤۡمَرُ‌ۖ سَتَجِدُنِىٓ إِن شَآءَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلصَّـٰبِرِينَ (١٠٢) فَلَمَّآ أَسۡلَمَا وَتَلَّهُ ۥ لِلۡجَبِينِ (١٠٣)وَنَـٰدَيۡنَـٰهُ أَن يَـٰٓإِبۡرَٲهِيمُ (١٠٤) قَدۡ صَدَّقۡتَ ٱلرُّءۡيَآ‌ۚ إِنَّا كَذَٲلِكَ نَجۡزِى ٱلۡمُحۡسِنِينَ (١٠٥) إِنَّ هَـٰذَا لَهُوَ ٱلۡبَلَـٰٓؤُاْ ٱلۡمُبِينُ (١٠٦) وَفَدَيۡنَـٰهُ بِذِبۡحٍ عَظِيمٍ۬ (١٠٧) وَتَرَكۡنَا عَلَيۡهِ فِى ٱلۡأَخِرِينَ (١٠٨) سَلَـٰمٌ عَلَىٰٓ إِبۡرَٲهِيمَ (١٠٩)كَذَٲلِكَ نَجۡزِى ٱلۡمُحۡسِنِينَ (١١٠) إِنَّهُ ۥ مِنۡ عِبَادِنَا ٱلۡمُؤۡمِنِينَ (١١١)  

101. Maka Kami beri Dia khabar gembira dengan seorang anak yang Amat sabar[1283].
102. Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku Sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku Termasuk orang-orang yang sabar".
103. tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ).
104. dan Kami panggillah dia: "Hai Ibrahim,
105. Sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu[1284] Sesungguhnya Demikianlah Kami memberi Balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.
106. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.
107. dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar[1285].
108. Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang Kemudian,
109. (yaitu)"Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim".
110. Demikianlah Kami memberi Balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.
111. Sesungguhnya ia Termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.

[1283] Yang dimaksud ialah Nabi Ismail a.s.
[1284] Yang dimaksud dengan membenarkan mimpi ialah mempercayai bahwa mimpi itu benar dari Allah s.w.t. dan wajib melaksana- kannya.
[1285] Sesudah nyata kesabaran dan ketaatan Ibrahim dan Ismail a.s. Maka Allah melarang menyembelih Ismail dan untuk meneruskan korban, Allah menggantinya dengan seekor sembelihan (kambing). Peristiwa ini menjadi dasar disyariatkannya Qurban yang dilakukan pada hari raya haji.



Itulah kisah sejarah dan asal usul ritual Qurban umat Muslim, yaitu untuk mengenang dan menteladani ketulusan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam menunaikan perintah Allah SWT. Semoga umat muslim semuanya dapat mencontoh ketulusan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam menjalankan perintah Allah SWT tanpa memikirkan konsekuensinya. Amiin.

Jumat, 11 September 2015

Ibnu Al-Haitham Penemu Kamera Pertama dan Bapak Optik Modern

Ibnu Al-Haitham Penemu Kamera Pertama dan Bapak Optik Modern

Anda seorang fotografer? Sudah tahu sejarah kamera? Siapa penemu cikal bakal kamera modern saat ini?

Kamera pertama kali diciptakan oleh ilmuan Iraq bernama Abu Al-Hasan bin Al-Haytham. Atau orang-orang biasa menyebut beliau dengan Ibnu Al-Haytham atau Ibnu Haytham atau juga Al-Hazen. Beliau lahir di Basra, Iraq pada tahun 965 M.


Beliau dicatat oleh sejarah sebagai ilmuan yang menguasai berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu falak, matematika, geometri, pengobatan, fisika serta ilmu optik  yang membuatnya menciptakan kamera.

Kata kamera sendiri berasal dari penemuan Ibnu Haytham sendiri, yaitu Qumroh berasal dari kata bahasa Arab “Qamar” yang berarti Bulan.

Qumroh ini terinspirasi dari bulan itu sendiri. Qumrah pada pertama kali diciptakan berupa sebuah kamar kecil tertutup tanpa cahaya, terkecuali lubang kecil di depannya. Dari lubang itulah cahaya masuk kemudian menyimpan bayangan yang terbayang masuk oleh cahaya ke dalam qumrah yang sudah disediakan media untuk menyimpan bayangan tersebut.

            Karya Al-Haytham yang paling fonemenal adalah kamera obscura, yang diciptakannya bersama Kamaluddin al-Farisi saat mereka ingin mempelajari gerhana matahari. Untuk ini, Al-Haytham membuat lubang kecil di dinding yang memungkinkan citra matahari semi nyata diproyeksikan melalui permukaan datar.


Kajian kamera obscura atau Al-Haytham sendiri menamakannya tertulis dalam Kitabnya Al-Manazir yang berisi tentang kajian-kajian di bidang optik. Al-Bayt Al-Muzlim atau kamera obscura inilah yang mendasari kinerja kamera yang saat ini kita gunakan yang dikenal dengan istilah “ruang gelap”.

            Kitab Al-Manzir kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris yaitu “The Optics”. The Optic sendiri banyak dipakai oleh universitas di Eropa bahkan ada yang menjadikannya sebagai materi wajib.

Setelah penemuan Fenomenal al-Haytham ini, dunia barat mulai terinspirasi dan diperkenalkan pada abad 16 M. Banyak ilmuwan barat terinspirasi oleh penemuan al-Haitham yaitu Cardano Geronimo (1501 -1576) yang terpengaruh pemikiran al-Haitham dan mulai mengganti lobang bidik lensa dengan lensa (camera). Giovanni Batista della Porta (1535-1615 M). Johannes Kepler (1571 – 1630 M). Kepler meningkatkan fungsi kamera itu dengan menggunakan lensa negatif di belakang lensa positif, sehingga dapat memperbesar proyeksi gambar (prinsip digunakan dalam dunia lensa foto jarak jauh modern).

Setelah itu, Robert Boyle (1627-1691 M), mulai menyusun kamera yang berbentuk kecil, tanpa kabel, jenisnya kotak kamera obscura pada 1665 M. Setelah 900 tahun dari penemuan al-Haitham pelat-pelat foto pertama kali digunakan secara permanen untuk menangkap gambar yang dihasilkan oleh kamera obscura. Foto permanen pertama diambil oleh Joseph Nicephore Niepce di Prancis pada 1827. Tahun 1855, Roger Fenton menggunakan plat kaca negatif untuk mengambil gambar dari tentara Inggris selama Perang Crimean dan mengembangkan plat-plat dalam perjalanan kamar gelapnya yang dikonversi gerbong. Kemudian pada tahun 1888, George Eastman mengembangkan prinsip kerja kamera obscura ciptaan al-Haytham dengan baik sekali. Eastman menciptakan kamera kodak. Sejak itulah, kamera terus berubah mengikuti perkembangan teknologi.